NASKAH PIDATO/SYARHIL QURAN UNTUK ANAK

JIKA ANAK MENJADI MUSUH

OLEH HUDA NURALAWIYAH

A/B/C : Assalaamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

A/B/C : Hamdan wa syukron lillah. Solaatan wa salaaman ‘ala rosulillah. Wa ‘alaa aalihi wa sohbihi wa man ta bi’a hudaah. Ammaa ba’du.

A     :  Hadirin rohimakumulloh ! Dalam perspektif Al Quran, anak yang berfungsi sebagai perhiasan hidup dan permata hati, Jika orang tua bersifat keliru dan salah dalam mendidik dan menghadapi anak-anaknya, maka anak tersebut dapat menjadi musuh bagi orang tuanya. Seperti yang diisyaratkan Al Quran, surat Attaghobun ayat 14

B      :

اعو ذ بالله من الشيطان الر جيم

بسم الله الر حمن الر حيم

يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِنَّ مِنۡ أَزۡوَٲجِكُمۡ وَأَوۡلَـٰدِڪُمۡ عَدُوًّ۬ا لَّڪُمۡ فَٱحۡذَرُوهُمۡ‌ۚ وَإِن تَعۡفُواْ وَتَصۡفَحُواْ وَتَغۡفِرُواْ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ۬ رَّحِيمٌ

صدق الله العظيم

C      : Artinya : Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka; dan jika kamu mema’afkan dan tidak memarahi serta mengampuni [mereka] maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. 

A      : Menurut ayat tersebut anak dapat menjadi musuh orang tua. Hal ini berarti seorang anak dapat menghalangi orang tuanya untuk beriabadah, seorang anak dapat menghabiskan harta orang tua secara mubazir. Seorang anak yang murtad karena kawin dengan orang yang berbeda agama, juga merupakan musuh bagi orang tuanya.  Seorang anak yang telah terpengaruh kepada perbuatan maksiat, seperti minuman berakohol, ekstasi, judi, zina, merupakan musuh bagi orang tua yang beriman. Anak bukan lagi mendatangkan kebahagiaan bagi orang tua, tetapi menimbulkan penyakit stress yang berkepanjangan. Semoga kita semua terlindung dari sifat anak musuh orang tua. Amin.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

C      : Anak ayam turun delapan

Mati satu tinggal lah tujuh

Hidup harus penuh harapan

Jadikan itu jalan yang dituju

A/B/C :Billahi taufiq wal hidaayah. Warridho wal inaayah !

Wassalaamu’alaikum warohmatullohi. Wabarokatuh

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s